The Review about Berserah Diri

Tulisan pindahan dari Blog sebelumnya……

… sekali lagi , judulnya pasrah dan berserah diri.
Yogyakarta 7.12.2008
Semalam,
saya habiskan mencoba keberuntungan mem
peroleh tiket percepatan di alun alun kidul ,
berjalan dengan mata batin melangkahkan kaki yang sangat sulit diajak berjalan lurus.
Beberapa orang berpendapat kalau beringin itu mempunyai daya tarik yang magis,
jadi tidak sembarangan orang yang mampu berjalan lurus tepat ditengah tengah kedua beringin yang berada di alun alun belakang dari kraton.
Awalnya saya berpendapat sama seperti orang kebanyakan, rasanya memang aneh tapi nyata.
Apalagi saat saya begitu yakin melangkahkan kaki saya yang ternya berkali kali tidak pernah lurus.
Dua tahun lalu setelah belasan kali saya mencoba, saya harus memendam rasa penasaran sekaligus kecewa karena saya tidak berhasil melaluinya. Kekecewaan saya terpaku pada harapan doa saya yang akan dikabulkan saat melewati kedua beringin itu.
Tanpa direncanakan, taun ini saya berkesempatan ke jogja, tentu saya tidak akan melewatkan Masangin di Alkid.
Dengan menyewa penutup mata seharga Rp.3000.- saya mulai konsentrasi sambil nunggu antrian melangkah, maklum traffic jam-nya rame sekali, banyak yang lalu lalang dan tak jarang melawan arah.
Kesempatan pertama, langsung gagal karena ternyata saya belum apa apa sudah menyimpang kesebelah kanan.
Kedua, makin parah karena baru tancap gas langsung banting stir ke kanan.
Yang ketiga, jalannya pelan pelan, sesekali garuk garuk kepala karena binggung salah langkah apa nya ya????????
Ternyata ya memang salah, trapi sengaja nga disuru berenti dari tadi, soooo….. menyimpangnya parah sekali kali ini.
Waaaahhhh…. cape juga nih.., apalagi seorang teman saya telah berhasil melalui tengah tengah beringin itu.
Iri rasanya karena dia sudah mengirimkan harapan express-nya begituu dia berhasil merampungkan langkahnya.
Baru tiga kali, tapi rasanya uda mau udahan, abisnya ngak kunjung sukes sih.
Mau nyerah aja deh, males nyoba lagi……., tapi kok nyerah??? Nga enak bgt dengernya!!!!!!!
Yahhhh… OK…
Coba lagi,
kali ini semangat 45,tadi udah dapet resep.
Katanya kalo jalan jangan ragu ragu, kalo pelan pelan malah kakinya belok belok.
Trus kedua tangan di taruh di sisi paha biar bisa ngerasain kalo kaki mulai menyimpang.well…. OK …… I’m ready right now.
Dengan percaya diri kali ini saya pasti bisa melangkah dan make a wish…. abrakadabraaaa…..
Dan………
hasilnya adalah the most ugly step…. dari satu samapi ke empat ini.
Padahal uda pake trik and tips ditambah lagi PD
ternyata…… gagal lagi…lagiii….lagiiii…lagiiii…lagiiiiii
Uuughhh……
Makin makin rasanya……, tadi uda optimis eh malah parah
Mau udahan ogahhh……
Sambil ngitung 20jari akhirnya nyoba sekali lagi ajalah….. jadi pas 5 kali kesempatan.
Kali ini nga mikirin bisa apa nga, miring apa lurus ga dipikir. Just fun aja dehhh !!!!
Setelah tarik nafas, nge-pas-in titik paling tengah ….. 1 , 2 , 3….and GOOO……….
Inilah jalan paling santai, melangkah tanpa beban, so light………..
Makin jauh kok makin sepi, agak aneh……..tapi si petunjuk jalan kok nga nyuru berhenti…..
Wah niat ngerjain lagi nihhh……..
‘than saya tanya uda belum????
“belum” katanya
Ya uda nikmati aja dulu, ngabisin kesempatan terakhir ini aja.
Ehhhh…… ada aba-aba
“sekarang buka mbak”
Langsung aja kain penutup mata saya buka,
rada burem karena kelamaan mata tertutup kain,
Hmmm….
toleh kanan kiri kok asing ya??????
Ternyata saya sudah melewati tengah tangah beringin kembar.
Weeehhhh…
Berhasil dong ceritanya saya kali ini????
Seneng????
Yaaa iya lahhhhhhh……..
Tapi dibalik itu, masangin kali ini menyisakan rasa heran.
Kenapa disaat saya tak lagi mengharapkan keberhasilan saya,
Justru saat itu pula saya berhasil.
————————————————-

Ketika saya tidak lagi terpaku pada reward yang akan saya dapatkan maka hati dan pikiran saya serahkan dengan percaya sepenuhnya pada sepasang kaki saya bagaimana ia akan melangkah dan membawa saya menuju tujuan hati saya.
Bila tujuan saya sesungguhnya adalah mampu ber-make a wish dengan berjalan ditengah beringin kembar,
maka saya harus bisa berjalan lurus.
Tapi, sekian lama saya hanya terpaku dengan bagaimana cara saya harus bisa berjalan lurus, dengan harapan untuk mewujudkan tujuan saya semula.
Dengan begitu artinya sudah berbeda, justru harapan saya berada pada keberhasilan saya berjalan lurus. Dan itu bukanlah tujuan, melainkan sebuah cara yang harus saya lalui.
Tapi, disaat saya memutuskan untuk melangkah tanpa peduli lurus atau tidak dengan tetap mengarah kemana tujuan saya,
Saya berhasil,

Hmmm…. lagi lagi saya harus berbisik ……
“Ne…. memang benar. inilah yang dinamakan pasrah”

Tinggalkan komentar